1979 Revolution: Black Friday apk + obb



1979 Revolution: Black Friday apk + obb


Game yang baru keluar tadi malam, dan langsung saya mainkan. Ternyata adalah sebuah game narasi atau petualangan point n click ala game Walking deadnya Telltale. Punya grafis yang lebih realistik dan sangat bagus. Jangan berharap aksi action di game ini, karena memang game ini lebih mengedepankan cerita yang tersaji di dalamnya. Tapi, meskipun bergitu saya tidak begitu paham, atau bahkan bingung tentang cerita yang di sajikan pada awal permainan. Mohon maklum guys, pemahaman bahasa inggris saya minus, hahaha.

Di awal game player akan mengendalikan seorang pria dalam sebuah ruangan atau mungkin studio foto. Dari kesan awal si, dia adalah seorang yang bekerja di bagian jurnalistik yang sedang mencetak foto hasil jepretan kameranya, mungkin seorang Fotografer. Kita akan tahu jika hasil foto yang di cetak olehnya rata-rata adalah sebuah foto kerusuhan dan demo, bahkan ada foto sebuah ledakan di jalanan dan kerumunan masa. Mungkin di masa itu telah terjadi pemberontakan di Iran, pada tahun 1979. Cari informasi di google si, memang pada masa itu telah terjadi pemberontakan di Iran, tentang penggulingan sebuah pemerintahan yang semena-mena.

Saat sedang mencetak foto, tahu-tahu ada suara seorang cewek yang memberitahukan kalau tempat tersebut akan di gerebek oleh petugas kepolisian, dan playerpun harus mencari sebuah dokument perencanaan pemberontakan sebelum melarikan diri dari tempat tersebut. Bikin gugup deh, karena punya waktu yang cukup pendek untuk mencarinya di sebuah ruangan dengan benda yang berserakan. Tahu-tahu para petugas masuk, melumpuhkan karakter kita. Dan saat petugas akan memukul, ada pilihan swipe ke bawah. Dan saya gagal melakukannya, hasilnya ini orang terkena pukulan dan langsung berganti scene. Saya kira game over, tapi ternyata tidak, dan gamepun terus berlanjut.

Tahu-tahu karakter kita sedang berada dalam sebuah ruangan interogasi dengan muka yang babak belur. Di sinilah keseluruhan cerita akan sedikit di beberkan lewat dialog antara si tokoh utama yang di sini ternyata bernama, kalau tidak salah, Reza dengan sang interogator yang entah namanya siapa, lupa karena punya nama arab yang kental dan sulit di lafalkan. Berbagai pilihan akan muncul dalam sesi tanya jawab ini, yang entah mengapa si Reza sering terkena pukul dan setrum. Mungkin karena saya sering memilih jawaban yang keren ala Rambo dan sok tidak mengenal takut, hehee. Hasilnya Reza kena hajar di ruang interogasi ini. 

Latar belakang game ini sebenarnya sangat menarik. Tapi ya tergantung dengan pemahaman bahasa inggris player yang memainkannya. Dengan kisah yang nyata dan benar-benar terjadi pada tahun 1979 di Iran, setidaknya game ini juga memberikan pengetahuan dan sebuah edukasi tentang sejarah Iran di masa itu. Kalau boleh berharap si, mungkin ada developer indonesia yang membuat game dengan konsep serupa yang mengambil latar belakang cerita sejarah negeri ini. Setidaknya mugkin akan memberikan sebuah pelajaran sejarah yang menyenangkan. Pasti ada, cepat atau lambat suatu saat nanti. hehee

TESTING: SG J5


REQUIRED: Android OS 4.0 And Up

1979 Revolution: Black Friday apk + obb
"Beragam pilihan dialog yang akan 
menentukan jalan cerita"

1979 Revolution: Black Friday apk + obb
"Grafis mantap guys"

1979 Revolution: Black Friday apk + obb
"Latar belakang cerita yang menarik"


1979 Revolution: Black Friday v0.1.7
apk + obb = 1.1GB
-> download <-
-> download <-
-> download <-
-> download <-


Petunjuk...!!!
  1. Download
  2. Extrak file "zip" nya dengan winrar/zip (kalo tidak punya pc, teman-teman bisa memakai aplikasi android dengan memasangnya dari >>> Play Store <<< atau instal file apknya dengan >>> Unrar Pro <<< )
  3. Instal gamenya (cukup klik file "apk" di file manager.)
  4. Taruh data di Internal/android/obb/di sini guys (kalau belum ada "BUAT" foldernya manual)
  5. Selamat memainkan gamenya guys......
Akhir kata, terima kasih telah mengunjungi Blog saya yang masih cupu ini.... hehehe