Bagaimana cara memilih jurusan yang cocok dengan kita

Bagaimana cara memilih jurusan yang cocok dengan kita

Mau kuliah namun belum tahu mau ambil jurusan apa?. Tenang kita akan bahas dalam artikel ini. Jurusan adalah program studi yang akan kita ambil pada saat kita kuliah. Ada macam-macam jurusan ada jurusan teknik, teknik informatika, teknik elektro atau jurusan seni, ada ilmu komunikasi, sastra inggris dan masih banyak lagi, tergantung kita ingin yang mana. Terus bagaimana cara memilih jurusan yang tepat bagi saya?

1. Bakat dan Minat
Bakat dan minat sebetulnya sudah di tentukan pada saat kamu berada di sekolah melalui jurusan di SMA. Kamu jurusa IPA atau IPS, dan mana pelajaran yang menurutmu ingin ditekuni dan berhubungan dengan minat dan bakatmu. Misalnya, kamu bakat dalam pelajaran kimia maka opsi jurusan kuliah bisa teknik kima, biokimia, kimia, atau pendidikan kimia atau jurusan yang masih berhubungan dengan kimia. Sesuai dengan bakat dan minat.

2. Prospek kerja
Hal yang perlu kita pertimbangkan bagaimana kita jadinya nanti. Kita mau jadi insiyur jadi guru atau menjadi yang lainnya. Kita juga harus bisa memprediksikan sarjana mana yang akan banyak digunakan nanti dengan melihat lingkungan sekitar. Misalnya saja jurusan designer grafis, mungkin akan masih eksis di era ini dan berikutnya untuk design iklan atau produk yang semakin banyak.

Catatan: Kita belum tahu nasib. Jadi, kita perlu berfikir lagi mengenai prospek kerja, karena belum tentu jurusan kita designer grafis akan menjadi seorang designer grafis. Namun setidaknya kita sudah berusaha.

3. Hobi
Hobi juga salah satu faktor untuk memilih jurusan, misalnya saja saya, hobi saya otak atik komputer/laptop makanya saya memilih jurusan yang berhubungan dengan komputer.

4. Tujuan kamu kuliah
Pertimbangkan apa yang ingin kamu capai untuk kuliah, mau jadi enterpreneur, ya pilih jurusan yang berhubungan dengan itu. Mau mengasah keahlan memasak ya kuliah tentang jurusan itu.

5.Peluang masuk
Hal yang sepele namun jangan sampai terlalu larut dan tergiur dengan apa yang ada. Maksudnya begini, kita niatnya ingin jurusan yang berhubungan dengan komputer lalu kita pilih teknik komputer di universitas yang peluangya sangat kecil maka kemungkinan besar kita akan gagal. Pilih di universitas yang memberi jatah yang banyak dengan tingkat pesaing yang tidak banyak.

Nah, itu tipsnya. La terus gimana kalau saya nanti sudah diterima namun jurusannya tidak sesuai dengan jurusan yang saya inginkan?, jawabanya adalah  jalani dulu, ingat! salah jurusan belum tentu salah masa depan.