Cara mudah lolos SNMPTN 2016

Bagaimana cara mudah lolos SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) 2016 dengan mudah

Saya ingin sedikit cerita tentang bagaimana cara untuk bisa lolos SNMPTN(seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) berdasarkan pengalaman saya dan juga teman-teman saya. Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau yang biasanya di singkat SNMPTN adalah saat dimana kita diberi kesempatan untuk bisa mendaftar ke perguruan tinggi negeri di indonesia. Pendaftaran SNMPTN adalah saat emas kita untuk bisa kuliah di perguruan tinggi negeri, apalagi membawa beasiswa bidikmisi pada saat diterima. Untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan pertimbangkan seperti berikut ini:

1.Akreditasi sekolah
Hal yang satu ini sangat dipertimbangkan oleh sebuah perguruan tinggi negeri, misalya saja perguruan tinggi negeri UNAIR yang lebih banyak menerima siswa di sekolah yang berakreditasi A daripada yang berakreditasi B, begitu juga perguruan tinggi yang lain kurang lebih sama.

2. passing grade(standar nilai yang dibutuhkan) kampus
Bagai seorang artis, kalau artis itu semakin dikenal dan populer maka makin mahal artis tersebut, begitu pula perguruan tinggi negeri, kalau sudah populer dan juga terkenal maka passing gradenya makin besar.

3.Nilai rapor 
Nilai rapor juga menjadi pertimbangan kampus untuk menerima siswa tersebut. Maka harus baik dari awal agar bisa masuk ke perguruan tinggi negeri yang diinginkan, apalagi yang favorit.

4.Prestasi
Prestasi yang bisa dimasukkan harus prestasi yang nasional atau internasional agar menjadi pertimbangangan kampus. Kalau prestasinya tingkat RT, saya gak tahu ya, masih dipertimbangkan atau tidak :D.

5. Jatah kursi
Maksudnya apa?, maksudnya kursi yang disediakan oleh kampus tersebut berapa biasanya dicantumkan pada saat pendaftaran SNMPTN online. Kalau yang daftar ribuan dan kursi yang disediakan kampus cuma sedikit misal hanya 20 sampai 30 ya percuma, tapi kemungkinan masih ada dengan mengaharapkan nomor 1,2,3, dan 4 dan juga 6. 

6.Alumni 
Hal yang kecil sebetulnya, namun sangat serius. Kita harus tahu jejak alaumni sekolah kita di perguruan tinggi negeri yang kita tuju, kalau belum ada alumni di perguruan tinggi tersebut, ya silahkan banyak berdoa dengan pertimbangan 1-5  di atas :).

7, Doa
Doa itu mudah namun, sangat berharga untuk menciptakan peluang masuk ke perguruan tinggi negeri. Minta doa ke ibu, bapak dan bapak ibu guru serta teman-teman karena belum tentu doa kita yang diterima:) pada saat itu. Dan jangan lupa doakan mereka, biar ada timbal balik.