Tips Belajar Java dengan cepat untuk Beginner/Pemula

Tips Belajar Java dengan cepat untuk Beginner/Pemula


sudah lama admin gak muncul di blog dan gak ngepost apapun lagi, itu mungkin karena admin lagi sibuk untuk belajar yang namanya informatika, dan alhamdulillah bisa hadir di blogger lagi dengan tips dan trik yang good. hehehehe... karena kerinduan menulis di blog saya merasa terpanggil kembali untuk menulis beberapa pengalaman saya dalam bidang informatika. Pembahasan pertama yang akan saya share adalah bahasa java. siapa yang belum tahu apa itu bahasa java?, pastinya sebagian dari orang sudah mengenal apa yang namanya bahasa java, terutama anak informatika. nah saya akan bagikan tips bagaimana cara untuk menguasai bahasa java dengan cepat dan mudah.

1. Bahasa Java Adalah?
java adalahh bahasa pemrograman yang dapat membuat seluruh bentuk aplikasi, desktop, web, mobile dan lainnya, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain. bahasa java merupakan bahasa tingkat tinggi dan membutuhkan jam terbang yang tinggi untuk bisa menguasai bahasa tersebut. pada intinya bahasa ini sangat flexible dimanapun.

2. Dasar bahasa sangat penting
Ibarat sobat belajar bahasa inggris misalnya, kalau sobat tidak tahu vocab dasar misal vocab makan dalam bahasa inggris maka sobat juga tidak akan bisa membuat kalimat "saya makan nasi" dalam bahasa inggris. Sama halnya dengan bahasa java kalau dasar dari bahasa java tidak dikuasai maka akan menimbulkan kebingungan dalam pemrograman aplikasi. Dasar dari bahasa java kuasai dari tipe data, pemilihan, perulangan dan penggunaan array (berlaku bukan hanya java).

3. Practice makes perfect
Tidak ada kata lain selain kata-kata di atas yang dapat membuat sobat jago dalam bahasa java, lakukan koding sebanyak sobat bisa, lakuakan secara konsisten.

4. Sering berlatih menyelesaikan masalah dengan game
Tidak bisa dipungkiri lagi bahasa java adalah bahasa yang membutuhkan nalar dan imajinasi yang tinggi sehingga kita butuh banya latihan, bukan hanya latihan koding tapi juga latihan berlogika, nah untuk latihan berlogika yang bagus dan tidak membosankan yakni dengan main game

5. Ikuti kursus online bahasa java
Saya sering mencari khursus online bahasa java, sehingga kemampuan saya dapat meningkat dan makin kuat dengan latihan online. saya bisa menyarankan sobat untuk belajar bahasa javan di codecademy(https://www.codecademy.com/).

6. Baca sebanyak mungkin buku bahasa java
Jika sobat seorang mahasiswa jangan lupa luangkan waktu untuk membaca buku di perpustakaan universitas sobat,
saya juga sering melakukannya untuk menambah pengetahuan dalam bahasa java.

Oke, mungkin itu saja tips dari saya, tetap semangat untuk belajar dan belajar. thank you...